Sabtu, 12 Mei 2012

manajemen usaha kecil

         Pelaku bisnis usaha kecil kini sudah mulai di geluti oleh sebagian besar mahasiswa. Akan merupakan suatu kebanggaan bagi dirinya jika usaha yang dirintisnya berjalan dengan baik dan memperoleh suatu keberhasilan yang menguntungkan. Untuk mencapai suatu keberhasilan dalam berusaha, maka kita harus membuat konsep manajemen usaha.

        Banyak pelaku usaha yang tidak peduli akan manajemen usaha, namun kehadiran manajemen usaha kecil ini akan membantu anda dalam mengelola usaha anda, agar usaha yang anda geluti selama ini tidak kandas atau berhenti di tengah jalan karena salah proses pengelolahan. Meskipun banyak pengusaha kecil yang memiliki suatu kinerja yang baik jika tidak di dukung oleh manajemen bisnis yang baik akhirnya juga tidak bisa berkembang dengan baik. Karena itu penting bagi pelaku usaha kecil untuk mencermati dan belajar mengenai manajemen usaha ini.

        Pelaku usaha kecil biasanya adalah pemilik usaha yang memiliki fungsi ganda, karena itu manager dalam usaha kecil harus berhadapan langsung dengan semua hal yang berkaitan dengan usaha produksi, sumber daya manusia, pemasaran, pengembangan usaha dan lain-lain. Di dalam manajemen usaha kecil ada dua hal yang perlu menjadi landasan keberhasilan usahan yaitu manajemen yang berbasis profesionalisme dan kewirausahaan. Kedua landasan tersebut tidak dapat dihindari oleh setiap pelaku bisnis.

        Kaum professional merupakan orang atau kelompok tertentu yang bekerja dengan keahlian dan ketrampilan tertentu. waktu, pikiran, dan seluruh kemampuannya digunakan secara penuh untuk mengembangkan keahlian yang dimilikinya. . Dengan demikian Majanemen Usaha kecil berbasis profesionalisme dilandaskan pada kualitas bukan semata-mata berlandaskan keuntungan material semata. Contoh sederhana, jika sebuah usaha bakso mengalami kenaikan harga bahan baku maka yang dilakukan bukan mengurangi kualitas rasa agar tetap untung, tetapi tetap menjaga kualitas rasa agar tetap enak dan nikmat, meski konsekuensinya keuntungan menurun tetapi kepercayaan konsumen masih tinggi.

        Manajemen usaha berdasarkan sifat kewirausahaan merupakan pendekatan dari watak seorang wirausaha. Keberhasilan dalam berusaha menuntut seorang wirausaha untuk memiliki sifat percaya diri dan mempunyai watak yang mandiri. Adapun ciri-ciri kewirausahaan lainnya adalah:
- Desire for responsibility: hasrat bertanggung jawab terhadap usaha-usaha yang tengah di gelutinya yang di dedikasikan melalui sikap mawas diri.
- Preference for moderate risk: kecenderungan untuk mengambil resiko dari hasil keputusannya baik dari tigkat resiko yang terlalu tinggi maupun tingkat resiko yang terlalu rendah.
- Confidence in their ability to success: keyakinan yang dimiliki atas kemampuan dirinya untuk sukses melalui moto bahwa kegagalan itu tak lain adalah sukses yang terunda.
- Desire for immediate feedback: kehendak untuk senantiasa memperoleh umpan balik yang sesegera mungkin.
- High level of energy: dimilikinya semangat dan dorongan bekerja keras untuk mewujudkan impiannya yang lebih baik di masa mendatang.
- Future orientation: dimilikinya perspektif ruang dan waktu dimasa depan.
- Skill at organizing: yakni dimilikinya keahlian dan keterampilan dalam mengorganisasikan sumberdaya untuk menciptakan nilai tambah.
- Value achievement over money: yakni dimilikinya suatu tolok ukur yang bersifat kuantitatif-finansial dalam menilai suatu kinerja.
        Setelah kita mengetahui ciri dan watak dari wirausahaan diatas, maka patut diyakini bahwa kualitas professional seorang manajer usaha kecil akan semakin kokoh dan terpelihara apabila pada dirinya melekat perilaku tersebut. Manajemen yang baik bagi bisnis usaha kecil merupakan salah satu kunci sukses dalam pengembangan bisnis usaha kecil.

0 komentar:

Posting Komentar